Selasa, 25 Maret 2014

TUGAS 3 RIVEW "LOGO MISS WORD 2013 YANG KESELEO?"

LOGO MISS WORLD 2013 YANG KESELEO?
Oleh 
Jajang Suryana

Direview oleh
Candra Prastya Dewi

Logo adalah sebuah symbol yang mangandung banyak arti dan philosofi. Logo menjadi sebuah pengakuan, kebanggan, inspirasi kepercayaan, kehormatan, kesuksesan, loyalitas dan keunggulan yang tersirat ke dalam suatu bentuk atau gambar.

Saat ini sebuah logo yang dibuat oleh seorang desainer masih dianggap rendah dan tidak berharga, mereka belum bisa menghargai kreasi, pemikiran dan desain yang dibuat oleh desainer indonesia dan menganggap membuat logo itu adalah sebuah pengeluaran yang tidak penting bagi perusahaan atau instansi, pada dasarnya logo menjadi sebuah nilai investasi yang sangat berharga dan sangat mahal jika dinilai dengan uang. Orang belum memahami pentingnya sebuah logo yang baik dan berharga untuk sebuah misi suatu instansi atau perusahaan.
Logo merupakan bagian yang penting untuk menunjukkan keberadaan sesuatu. Sebagai media tertua dalam penyampaian identitas, logo diyakini memberikan efek pengakuan tertentu kepada setiap orang yang melihat atau memakai. Di era sekarang, banyak sekali perusahaan, organisasi, akademik, LSM, etc yang menggunakan logo sebagai simbol keberadaan.
Pada dasarnya manusia lebih mudah mengingat gambar. Oleh karena itu secara umum biasanya kita lebih mudah mengingat wajah seseorang dari pada mengingat namanya. Maka, untuk melakukan branding, sebuah perusahaan katakanlah produsen minuman akan mematenkan botolnya, bentuknya, dan lain-lain yang bisa menunjukkan kekhasan suatu produk. Tak mengherankan bila terkadang orang lebih mengingat botolnya atau bentuk produknya, tetapi kadang lupa apa nama produknya ketika akan berbelanja. 
Jangan lupa, pertimbangkan juga apakah logonya masih terlihat dengan jelas? Apakah desain logonya masih bisa dipertahankan komposisinya seperti bentuk, warna, dan tipe hurufnya. Bila logonya terlalu rumit kemudian diaplikasikan dalam media yang kecil bisakah logo tetap terlihat jelas dan menawan. Maka, kita tidak jarang melihat perusahaan perusahaan atau produk yang mengganti logonya dan terkadang bahkan dengan biaya yang sangat tinggi hingga jutaan rupiah supaya logonya menjadi lebih baik. Desain logo yang lebih baik ini adalah memberi arti yang lebih positif, lebih menarik, nyaman dilihat, mudah dibaca, dan mudah diingat. Jika Anda belum telanjur membuat logo suatu produk atau perusahaan Anda maka pertimbangkan kembali faktor-faktor penting tersebut atau serahkan pada desainer logo yang berpengalaman dan telah memilik track record yang jelas yang bisa dilihat melalui portofolio maupun daftar klien yang panjang. Bicara mengenai masalah pentingnya desain logo perusahaan memang tak ada habisnya, ibaratnya logo adalah pintu gerbang utama client melihat sebuah perusahaan atau produk. Design Logo membentuk image sebuah brand yang akan terus melekat pada brand tersebut. Sangatlah penting untuk memilih desain logo yang sesuai dengan citra perusahaan yang ingin anda bentuk. Identitas sebuah perusahaan harus benar-benar dibentuk secara hati-hati terlebih lagi semua itu tertuang pada sebentuk logo. Design logo merupakan kesan pertama yang akan didapatkan customer mengenai perusahaan anda.

Walaupun anda memiliki ide cemerlang mengenai image perusahaan seperti apa yang ingin anda tampilkan namun tentunya anda amat membutuhkan para desainer grafis berkualitas dan memiliki kemampuan menyeluruh untuk menciptakan desain logo yang akan menjadi identitas perusahaan anda.

Berdasarkan beberapa referensi, beberapa alasan berikut:

1. Logo merupakan representasi visual

Manusia memiliki identitas, dan salah satu cara termudah untuk membedakan saya dengan Anda adalah wajah. Demikian juga dengan perusahaan atau bisnis, logo menjadi salah satu tanda pengenal yang efektif sehingga mudah diidentifikasi  dan diingat oleh orang banyak.

Dalam hal mudah diingat, orang cenderung mengingat logo daripada nama perusahaan atau produknya. Hal ini juga memberikan manfaat tambahan, sebagai merek perusahaan logo dapat membantu meningkatkan penjualan item produk atau portofolio baru perusahaan karena pelanggan dapat mengasosiasikan kualitas produk yang telah dikenal masyarakat luas dengan kualitas produk baru menggunakan logo yang sama.


2. Logo membuat Bisnis atau Produk Anda Unik

Dalam lingkungan bisnis yang begitu luas, tidak ada hal yang dapat membantu sebuah perusahaan atau produk terlihat lebih menonjol dibanding produknya selain dengan logo. Sebuah logo dapat menyampaikan lebih banyak dalam membedakan produk dari para pesaing, dan tentu saja menarik pelanggan dari pandangan pertama.

          Berdasarkan hal tersebut seharusnya logo dibuat tidak hanya sekedar logo, namun mempunyai makna. Mengenai kesamaan nama hal itu bisa saja terjadi karena suatu kebetulan. Logotype memanfaatkan huruf sebagai bahan olahan bentuk. Initial nama kerap dipilih sebagai bahan tampilan logo. Kegiatan Miss World, misalnya. Dua huruf awal dari kata Miss (M) dan World (W) dipilih menjadi bahan logo. Pola seperti itu menyebabkan munculnya kemungkinan pilihan huruf yag sama untuk sejumlah nama. Nama Miss World dengan Museum Wayang sebagai contoh bisa menghadirkan pilihan insial huruf yang sama yaitu M dan W. Dua pilihan huruf itulah yang menjadi bakal logotype mereka. Siapapun bisa menggunakan pilihan huruf yang sama sebagai bahan pilihan logotypenya. Tetapi, jika kemudian ada dua pemilik nama  memillih komposisi yang sama dalam pembentukan logotypenya, hal itu kerap dijadikan bahan protes dan bahkan tuntutan.
Bukti kesamaan logo ini yaitu logotype miss world yang terdiri dari huruf M dan W serta nama situs Museum Wayang. Huruf M dan W sebagai inisial nama Museum Wayang, ditata bertumpuk menghasilkan bentuk yang estetis sebagai logotype. Itu saja, awalnya. Tiba-tiba, ketika Indonesia kebanjiran kepercayaan untuk menyelenggarakan acara Miss World, ternyata logotype itu sama dengan situs Museum Wayang. Banyak faktor yang memungkinkan hal ini terjadi. Misalnya saja ketidakdalaman desainer dalam mengecek apakah logotype ini merupakan satu-satunya logo yang digunakan atau tidak. Selain itu penataan huruf yang terkadang menumpuk ataupun bersebelahan diibaratkan sebuah mahkota yang melambangkan acara miss world ini. Hal ini bisa saja diluar dugaan desainer. Namun jika ditelusuri, seharusnya sebuah logo haruslah melalui pertimbangan yang matang dan memiliki makna yang berarti. Karena hal inilah yang nantinya akan melekat dan menjadi ciri sebuah perusahaan ataupun instansi tertentu. Jika ada kesamaan dengan yang lain hal ini akan menganggu ingatan konsumen atau khalayak luas terhadap ciri khas suatu perusahaan atau pun suatu acara tertentu. Logo yang seharunya menjadi ciri khas, dan ini khusus dimiliki oleh satu perusahaan ataupun acara apalagi acara yang sangat digemari oleh khalayak luas, menjadikan perusahaan atau acara tersebut terkesan turun kepopularitasnya karena sama dengan acara/situs/perusahaan lain. Sama halnya dengan wajah orang kembar, jika ada wajah yang sama pastilah orang lain akan membandingkan sifatnya agar menemukan perbedaannya.
          Kejadian yang sama juga sempat terjadi pada penerbitan sebuah majalah yang berbeda tahun terbit, berbeda isi, dan berbeda penerbitnya, menggunakan nama yang sama. Hal inilah yang harus benar-benar harus dipikirkan secara matang oleh para desainer logo.
          Tulisan dari Jajang Suryana ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya dengan dituangkannya sebuah aspirasi mengenai permasalahan yang memang sangat riskan dan membutuhkan sebuah kajian dan analisis yang dalam. Para desainer logo dengan ini harus benar-benar mempertimbangkan logo yang cocok untuk digunakan dalam sebuah acara/perusahaan apalagi akan dikonsumsi publik dalam lingkup yang luas. Jika menemui kasus seperti ini mungkin baru beberapa desainer saja yang sadar dan benar-benar matang mempertimbangkan sebuah desain logo yang memang satu-satunya yang memberikan sebuah ciri khas suatu perusahaan/acara tertentu. Namun permasalahan ini haruslah bisa segera di atasi agar tidak menimbulkan konflik yang berkelanjutan akibat peniruan ataupun ketidaksengajaan logo yang bentuknya hampir sama/mirip antara satu dengan yang lain.
          Solusi alternatif  dari permasalahan ini yaitu dengan menyosialisasikan kepada khalayak luas mengenai aturan atau tata cara pembuatan logo, syaratnya, karakteristiknya, dan sebagainya agar nantinya logo yang dibuat tidaklah hanya sekedar sebuah lambang atau gambar yang bisa ditiru dengan mudah. Namun bagaimana seorang desainer logo membuat sebuah identitas yang menjadikannya sebuah ciri khas. Untuk permasalahan ini akan baik jika dilaksanakan sosialisasi/pelatihan pembuatan logo untuk memperkenalkan segala hal yang berkaitan dengan logo. Selain itu media massa juga berperan penting dalam penyolisasian pembuatan logo, utamanya kepada para desainer logo, agar lebih teliti dalam mengkaji dan memperkirakan logo yang pantas, tidak hanya sekedar tulisan dipadukan dengan gambar.
dua huruf yaitu M dan W digunakan sebagai lambang Miss World

Dua huruf yaitu M dan W sebagai logotype Miss World dengan susunan berbeda

logotype Museum Wayang


Produk lain yang memiliki logo yang mirip
iklan produk air menggunakan huruf M dan W disusun bertumpuk

iklan produk mibil dengan menggunakan huruf M dan W bertumpuk

logotype iklan musik menggunakan huruf M dan W dirangkai bersebelahan

produk dengan logo M dan W bertumpuk






Tidak ada komentar:

Posting Komentar